Rabu, 25 November 2009

Diposting oleh Mizuki Shirosaki

Langkah-langkah untuk menginstal Windows XP dari awal sebagai berikut :

1. Pastikan pada komputer sudah tersedia CD-ROM. Masukkan CD Windows XP ke dalam CD-ROM.Nyalakan computer.Saat proses booting ,tekan tombol Delete atau Del pada keyboard untuk mengubah BIOS.Pilih Advenced Bios Features, sehingga akan tampil pilihan-pilihan menu selanjutnya. Pada bagian First Boot Device, ganti pilihan menjadi CD-ROM, kemudian tekan tombol Enter. Untuk menyimpan pilihan, tekan F10 pada keyboard. Setelah itu jawab Yes.

2. Selanjutnya, tekan tombol Enter untuk menuju langkah selanjutnya. Tunggu sampai tampil layar Welcome to setup. Ada tiga hal yang dapat dikerjakan, yaitu :

• Tekan tombol Enter jika ingin melanjutkan proses instalasi.
• Tekan tombol F3 jika ingin membatalkan proses instalasi
• Tekan R (Repair) jika ingin memperbaiki Windows XP yang sudah ada.

3. Karena kita ingin menginstal, maka tekan tombol Enter. Setelah itu kita dimintai lisensi dari perusahaan, jika setuju dengan lisensi tersebut, tekan tombol F8, tapi jika tidak setuju dengan lisensi tersebut, tekan tombol Escape. Tekan tombol F8 untuk melanjutkan proses instalasi.

4. Pada langkah selanjutnya, kita diberi kesempatan untuk membuat partisi harddisk. Jika kita tidak ingin membuat partisi harddisk tekan tombol Enter untuk menuju proses selanjutnya.

5. Jika ingin membuat partisi harddisk, kita harus menghapus partisi yang ada dengan menekan tombol D (Delete). Setelah menekan D (Delete), akan muncul konfirmasi apakah kita benar-benar ingin menghapus partisi. Jika ya, tekan tombol Enter, kemudian tekan L (Delete) untuk melanjutkan proses penghapusan. Partisi kita sekarang telah terhapus. Setelah partisi yang lama terhapus, tekan tombol C (Create) untuk membuat partisi baru, maka akan tampil Create partition of Size (in MB) :………. Disini, kita akan diminta untuk memasukkan ukuran partisi yang kita inginkan. Misalkan, jika ukuran harddisk 20 GB, kita bisa ketikkan 10240 MB (10 GB), kemudian tekan Enter. Partisi yang pertama ini akan menjadi drive C. Pilih sisanya dan tekan C (Create). Partisi yang kedua akan menjadi drive D. Selanjutnya, tekan tombol Enter untuk melanjutkan instalasi.

6. Pada langkah selanjutnya, kita diminta untuk menentukan tipe system FAT atau NTFS yang akan digunakan.

• Format the partition using the NTFS file system
• Format the partition using the FAT file system

Pilih Format the partition using the NTFS file system, kemudian tekan tombol Enter. Selanjutnya, tunggu proses formatting partition dan setup copy files sampai 100%. Komputer akan di-restart, kemudian akan muncul proses Installing Windows XP. Tunggu sampai muncul kotak dialog Windows XP Professional Setup. Selanjutnya, tekan tombol Next.

7. Selanjutnya akan muncul layar Personalize Your Software. Kita akan diminta untuk memasukkan nama dan organisasi. Misalkan, nama dan organisasi kita ketik seperti di bawah ini. (sekedar contoh)

• Name : X TKJ
• Organization : TKJ SMK NEGERI 3 BALIKPAPAN

8. Selanjutnya, kita diminta memasukkan nomor produk pada layar Your Product Key. Nomor produk biasanya ada pada bagian file Serial di CD Windows XP ataupun di sampul CD Windows yang di-install. Jika sudah, tekan tombol Next.

9. Selanjutnya akan muncul layar Computer Name and Administrator Password. Pada bagian ini, kita diminta untuk memasukkan nama komputer, password administrator, dan konfirmasi password.Misalnya,untuk contoh,ketikkan :

• Computer Name : TKJ
• Administrator Password : 123456
• Confirm Password : 123456

10. Jika sudah selesai, tekan tombol Next, maka akan muncul layar Date and Time Settings. Pada bagian ini, kita diminta untuk menentukan bentuk tanggal, waktu, dan zona waktu yang akan digunakan. Jika sudah, tekan tombol Next, dan tunggu proses sampai muncul layar Network Settings.

11. Pada layar Network Settings ada dua pilihan :

• Typical Settings
Pilihan ini digunakan untuk membuat jaringan secara otomatis, sehingga jaringan dan alamat TCP/IP terpasang secara otomatis.

• Custom Settings
Pilihan ini memberi kesempatan untuk mengkonfigurasi komponen jaringan secara manual. Misalnya, pilih Typical Settings, kemudian tekan tombol Next. Selanjutnya akan muncul layar Workgroup or Computer domain.

12. Pada layar Workgroup or Computer domain, pengguna diminta untuk menentukan nama workgroup atau nama domain komputer. Ada dua pilihan yang dapat dipilih :

• No, this computer is not a network, or is on a network without a domain. Make this Computer a member of the following workgroup
Pilih pilihan ini jika komputer pengguna tidak menggunakan jaringan.

• Yes, make this Computer a member of the following domain
Pilih pilihan ini jika komputer pengguna adalah komputer jaringan.

Misalnya, pilih NO. Setelah pengguna memilih NO, pengguna harus memasukkan nama workgroup. Nama workgroup bebas, tidak boleh memakai spasi. Jika sudah mengisi nama workgroup, tekan tombol Next hingga muncul layar How will this Computer Connect to the Internet ?

13. Pada layar How will this Computer Connect to the Internet? , terdapat dua pilihan, yaitu :

• Digital Subscriber Line (DSL) or Cable Modem
Pilihan ini digunakan untuk menghubungkan internet dengan kabel telepon. Bisa juga dapat menggunakan jaringan televisi kabel untuk menghubungkannya ke internet, sehingga dapat melihat televise sambil terhubung ke internet.

• Local Area Network (LAN)
Pilihan ini digunakan untuk menghubungkan internet dengan lebih dari satu komputer. Artinya, satu modem dapat digunakan untuk lebih dari satu komputer.

Misalnya, pengguna pilih Digital Subscriber Line (DSL) or Cable Modem. Tekan tombol Next. Selanjutnya akan tampil layar Do you use a user name and password to connect to the Internet?

14. Tampilan tersebut menanyakan kepada pengguna untuk terhubung ke internet apakah pengguna menggunakan user name dan password atau tidak ? Ada dua pilihan yang dapat dipilih :

• Yes, I use a user name and password to connect
Pilih pilihan ini bila komputer menggunakan user name dan password untuk terhubung ke internet.

• No, This Computer is always Connected to the Internet
Pilih pilihan ini bila komputer tersebut selalu terhubung ke internet. Misalnya, pilih Yes, kemudian tekan tombol Next. Selanjutnya akan muncul layar Let’s set up your Internet account.

15. Pada layar Let’s set up your Internet account, pengguna diminta untuk memasukkan user name, password, dan nama ISP pada daftar berikut :

• Your User Name :
• Your Password :
• Your ISP’s Service Name :

Jika belum mempunyai ISP, pilihan yang ketiga tidak perlu diisi. Jika sudah, tekan tombol Next, maka akan muncul layar Ready to Register With Microsoft?

16. Pada layar ini ada pertanyaan apakah pengguna siap mendaftar ke Microsoft? Ada dua jawaban yang dapat dipilih :

• Yes, I’d like to register with Microsoft Now.
Ya, saya akan mendaftar ke Microsoft sekarang.

• No, Not at this time.
Tidak, tidak sekarang.

Misalnya, pilih Yes, kemudian tekan tombol Next, maka akan muncul layar Collecting Registration Information.

17. Pada layar Collecting Registration Information, pengguna diminta untuk mengisi daftar registrasi. Jika tidak ingin mengisi daftar registrasi, tekan tombol Skip, sedangkan jika ingin mengisi daftar registrasi, tekan tombol Next. Misalnya, tekan tombol Skip, maka akan tampil layar selanjutnya, yaitu Who will use this computer ?

18. Pengguna diminta memasukkan nama-nama user yang akan menggunakan komputer tersebut. Jika sudah, tekan tombol Next, sehingga muncul layar terakhir, yaitu Thank you! Pada layar tersebut, tekan tombol Finish dan tunggu prosesnya. Proses instalasi Windows XP telah selesai.

(Source : entah judul bukunya apa tapi insya allah akan saya kasih tahu judul bukunya kalau sudah tahu judulnya,harap maklum ^_^")

0 komentar:

Posting Komentar

Cool Clock & Calendar 2

Ada kesalahan di dalam gadget ini
Ada kesalahan di dalam gadget ini